Selasa, 31 Januari 2017

Cara Sederhana Mengobati Luka Memar

Cara Sederhana Mengobati Luka Memar

Luka memar adalah luka pada jaringan-jaringan yang lebih dalam. Pembuluh-pembuluh darah halus sudah putus dalam jaringan sehingga darah keluar dan menyebabkan pembengkakan yang berwarna kebiru-biruan. Karena darah inilah maka bekas luka itu, setelah sembuh, akan kelihatan biru kehitam-hitaman.

Yang harus dilakukan

1. Sesegera mungkin taruhlah kompres dingin di atas luka memar itu, atau celupkan bagian yang luka (kaki atau tangan) berulang-ulang dalam air es setiap beberapa menit. Ini akan mengurangi aliran darah kepada jaringan sehingga tidak membengkak.

2. Kalau luka itu adalah tangan atau kaki, angkatlah bagian itu lebih tinggi dari pada tubuh. Juga bagian itu diistirahatkan selama beberapa jam. Ini akan mengurangi aliran darah dalam bagian itu sehingga mengurangi pembengkakan.

3. Pada hari berikut, peredaran darah harus diperlancar dalam bagian itu untuk kesembuhan. Ini dapat dilakukan dengan kompres hangat dan dingin secara bergantian. Kalau bagian yang cidera adalah bagian tubuh yang dapat dicelupkan, gunakanlah air hangat dan dingin dalam baskom, dan secara bertahap tambahkanlah air hangat secukupnya. Setelah merendam bagian itu dalam air hangat selama setengah menit. Ulangilah hal ini empat kali sehari. Kalau yang cidera itu adalah kepala atau tubuh, kompres hangat diikuti dengan kompres dingin.

Itulah cara sederhana untuk mengobati memear, untuk hasil lebih baik Anda juga bisa memberikan cream anti memar.

Loading...

Artikel Terkait