Kamis, 09 Februari 2017

Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar

Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar

Diskus adalah alat yang akan mengantarkan obat asma langsung ke target organ atau saluran napas yang mengalami peradangan. Kebanyakan dari pasien yang pernah menggunakan alat ini mendapati alat ini mudahdan nyaman digunakan. kenapa mudah? Karena hanya dibutuhkan 3 langkah sederhana untuk menggunakan alat ini.
Baca juga: Asma - Definisi, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar


Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar 1

1. BUKA: pegang DISKUS Anda sesuai gambar, letakkan ibu jari Anda pada tempatnya (thumb grip) dan dorong ke arah kanan sampai terdengar bunyi "klik". Setelah terbuka maka Anda akan melihat tempat hisapnya (mouthpiece).



Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar 2

2. KOKANG: dorong tuas (seperti gambar) sampai terdengar bunyi "klik". Sekarang obat sudah berada di dalam mouthpiece dan siap untuk dikonsumsi. Jika Anda lihat dose counter nya, maka angka sudah berkurang 1 (satu) dari angka sebelumnya.



Cara Menggunakan Diskus Dengan Benar 3

3. HISAP: Letakkan bibir di mouthpiece (posisi sesuai gambar). Hisaplah dengan cepat dan dalam. Tahan napas selama 5-10 detik setelah itu bernapaslah secara perlahan.

Tutup DISKUS nya, dengan mendorong kembali thumb grip ke arah berlawanan.


PERHATIAN
  • DISKUS Anda memiliki dose counter (penghitung dosis) yang akan menginformasikan pada Anda dosis yang tersisa di dalam DISKUS. Angka pada dose counter dimulai dari hitungan 60 dan berakhir pada angka 0 (nol), yang berarti tidak ada lagi dosis atau obat di dalam DISKUS Anda.
  • Angka 5 sampai dengan 1 akan muncul dengan warna merah sebagai tanda bahwa dosis obat yang tersisa di dalam DISKUS tinggal sedikit.
  • Jika Anda telah mengokang DISKUS Anda, jangan mengarahkan mouthpiece ke bawah karena obat yang telah berada di bawah mouthpiece akan terbuang.
  • Jangan lupa untuk selalu berkumur-kumur setelah Anda menggunakan DISKUS Anda.

Loading...

Artikel Terkait