Minggu, 09 April 2017

Anak Sakit, Memerlukan Cairan Tambahan dan Makan Teratur

Tags

Anak Sakit, Memerlukan Cairan Tambahan dan Makan Teratur

Ketika anak jatuh sakit, mereka memerlukan cairan tambahan dan anjuran untuk makan secara teratur, serta semakin sering diberi ASI. Setelah sembuh, anak harus diberikan lebih banyak makanan dari biasanya untuk mengembalikan tenaga dan gizi yang hilang akibat sakit.

Ketika anak jatuh sakit misalnya diare, cacar atau pneumonia, selera makannya menurun. Tubuh anak kurang efektif mengolah makanan. Jika anak jatuh sakit beberapa kali dalam setahun, laju pertumbuhannya akan berhenti atau melambat.

Anak yang sedang sakIt perlu dibujuk untuk mau makan. Mungkin hal ini akan sulit dilakukan, karena anak yang sakit mungkin tidak merasa lapar. Orang tua atau pengasuh harus tetap menawarkan makanan yang disukai anak, sedikit demi sedikit tapi sesering mungkin. Pemberian ASI tambahan menjadi sangat penting, karena ASI dapat menyediakan berbagai gizi yang diperlukan untuk penyembuhan infeksi.

Anak yang sakit juga dianjurkan untuk minum sebanyak mungkin. Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) merupakan masalah serius bagi anak yang sakit diare. Minum cairan sebanyak mungkin akan membantu mencegah dehidrasi. Apabila seorang anak menderita diare, maka ia harus minum oralit yang dilarutkan dalam air bersih,dan dikonsumsi bersama dengan makanan serta cairan untuk menghindarkan dari dehidrasi.

Memberikan tablet zinc setiap hari selama 10–14 hari dapat mengurangi kegawatan diare. Anak tidak akan sepenuhnya sembuh kembali, sampai berat badannya sama dengan berat badan sebelum ia jatuh sakit.

Seorang anak dapat meninggal karena diare yang terus menerus, dan jika anak tersebut tidak segera diobati. Jika terserang diare dan kehilangan selera makan berlanjut beberapa hari, ibu, ayah atau pengasuh harus segera berkonsultasi kepada tenaga kesehatan terlatih.

Loading...

Artikel Terkait