Selasa, 04 April 2017

ASI Adalah Makanan Terbaik Untuk Bayi 0-6 Bulan

ASI Adalah Makanan Terbaik Untuk Bayi 0-6 Bulan

ASI merupakan makanan dan minuman terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Tidak perlu makanan dan minuman lain, bahkan air pun tidak diperlukan oleh bayi pada periode ini.

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi dan anak yang mengandung sel darah putih, protein dan zat kekebalan yang cocok untuk bayi. ASI membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal serta melindungi terhadap penyakit. ASI mengandung keseimbangan gizi sempurna untuk bayi, berbeda dengan susu formula, susu bubuk atau susu hewan.

Bayi usia 0-6 bulan tidak memerlukan air atau makanan lainnya (seperti air teh, jus, air gula, air anggur, air beras, susu lain, atau bubur), bahkan walaupun berada di daerah yang beriklim panas sekalipun, ASI sudah ianggap memenuhi seluruh kebutuhan bayi.

ASI mudah dicerna bayi. Berbeda dengan susu formula yang berasal dari susu hewan yang lambat dan lebih dicerna. Dibandingkan dengan susu formula. ASI dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit, karena ASI mengandung antibodi untuk kekebalan anak. Zat antibodi ini tidak terdapat dalam jenis susu yang lain.

Memberikan cairan dan makanan lain selain ASI kepada bayi usia 0-6 bulan, akan meningkatkan risiko diare dan penyakit lainnya. Air dan cairan atau makanan lainnya mungkin tercemar, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diare.

Bayi yang diberi minum atau cairan dan atau makanan lainnya pada usia 0-6 bulan, akan mengganggu proses menyusu sehingga akan menurunkan produksi ASI itu sendiri.

Apabila bayi usia 0-6 bulan menyusu ASI, dan hasil penimbangan berkalanya tidak menunjukkan pertumbuhan yang baik maka:
  • Ibu memerlukan bantuan untuk memperbaiki cara menyusui sehingga bayi akan menyusu secara efektif. 
  • Bayi memerlukan lebih banyak kesempatan untuk menyusu. Bayi harus menyusu semau bayi tanpa dibatasi. Bayi harus diberikan kesempatan untuk menyusu sampai ia melepaskan punting ibunya, dan ia akan nampak puas atau mengantuk. Ini merupakan indikasi bahwa bayi telah mendapatkan segalanya dari menyusu. Bayi masih boleh ditawari untuk menyusu lagi, mungkin ia masih mau menyusu atau mungkin menolak. Bayi sebaiknya tetap dibiarkan merebahkan diri di dada ibunya sampai bayi benar-benar selesai menyusu. 
  • Bayi yang lahir dengan berat banad rendah (BBLR), memerlukan istirahat berkali-kali selama menyusu. 
  • Bayi mungkin jatuh sakit, dan ia harus diperiksa oleh petugas kesehatan terlatih. 
  • Bayi usia 0-6 bulan yang sudah mendapat air atau cairan lain, akan berakibat mengurangi asupan ASI. Oleh karenanya ibu memerlukan petunjuk tentang bagaimana cara mengurangi dan menghilangkan kebiasaan minum cairan lain dan berusaha untuk meningkatkan kebiasaan untuk hanya memberikan ASI saja.

Loading...

Artikel Terkait