Kamis, 13 Juli 2017

Setiap Tahun 1,5 Juta Anak Balita Meninggal Karena Diare

Setiap Tahun 1,5 Juta Anak Balita Meninggal Karena Diare

Diare adalah penyebab kematian yang kedua pada anak balita setelah pneumonia. Diperkirakan 4 milyar kasus diare terjadi setiap tahun pada anak balita di seluruh dunia. Setiap tahun 1,5 juta anak balita meninggal karena diare.

Diare membawa kematian lebih cepat pada anak-anak dibanding orang dewasa karena terjadinya dehidrasi dan malnutrisi.

Diare disebabkan oleh bakteri yang tertelan, utamanya dari kotoran manusia (tinja). Ini terjadi karena pembuangan tinja yang tidak aman, kebersihan yang kurang dan kurangnya persediaan air minum yang bersih untuk anak-anak yang sudah tidak diberi ASI.

Anak-anak yang diberi ASI ekslusif pada enam bulan pertama dan mendapat imunisasi pada waktunya lebih jarang yang terkena diare.

Anak-anak yang terserang diare harus diberi banyak cairan dan makanan selain larutan khusus yang disebut Oral Rehydration Solution (ORS) dan zinc untuk mengurangi kegawatan penyakit.

Keluarga dan masyarakat dengan dukungan pemerintah dan swasta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberi informasi tentang:
  • Penyebab diare 
  • Pentingnya memberi perawatan saat mulai diare 
  • Pentingnya melakukan tindakan pencegahan terhadap kondisi penyebab diare

Jika setiap orang bekerjasama dalam pencegahan diare maka hak hidup anak, kelangsungan hidupnya serta kesehatan dan perkembangannya akan lebih baik.

Loading...

Artikel Terkait