Senin, 07 Agustus 2017

Bahaya Makanan Yang Tidak Dicuci atau Dimasak Dengan Baik

Bahaya Makanan Yang Tidak Dicuci atau Dimasak Dengan Baik

Bahan makanan/pangan bisa berbahaya jika tidak dicuci danatau dimasak dengan baik. Buah dan sayuran harus dicuci sampai bersih sebelum diolah. Makanan yang sudah dimasak harus segera disantap atau dipanaskan kembali sesudah disimpan.

Memasak makanan dapat membunuh bibit penyakit. Makanan, khususnya daging ternak dan unggas, harus dimasak hingga matang. Makanan harus segera dihabiskan sesudah dimasak sehingga tidak menjadi tempat berkembang biak bibit penyakit.
  • Jika makanan harus disimpan lebih dari dua jam, makanan tersebut harus disimpan dinginkan atau dipanaskan.
  • Jika makanan yang sudah dimasak tidak segera dimakan, makanan tersebut harus ditutup untuk menghindarkan lalat dan serangga. Jika hendak dimakan makanan harus dipanaskan dahulu.

Makanan mentah terutama daging unggas dan ikan laut biasanya mengandung kuman. Makanan yang sudah dimasak bisa terkena bibit penyakit jika bersinggungan dengan makanan mentah. Jadi, makanan mentah tidak dicampur dengan makanan yang sudah dimasak. Pisau, talenan, dan piring bekas makanan mentah harus selalu dicuci dengan sabun.
  • Perlu perhatian khusus dalam menyiapkan makanan bayi dan anak. Makanan mereka harus selalu baru dan segar. 
  • ASI adalah susu yang teraman dan memiliki kandungan gizi terbaik untuk bayi dan anak. Susu yang diperah dapat disimpan dalam suhu ruangan sampai delapan jam, asal di tempat yang bersih dan tertutup. Semua makanan yang berasal dari unggas harus dimasak sampai matang dan menyeluruh untuk mengindari flu burung. 
  • Buah dan sayur harus dikupas atau dicuci dengan air bersih yang mengalir, khususnya jika hendak diberikan mentah kepada bayi atau anak kecil. Pada buah dan sayur biasanya ada sisa pestisida dan herbisida, yang berbahaya jika termakan. 
  • Cuci tangan dengan air dan sabun setelah menangani makanan mentah.

Mari menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Loading...

Artikel Terkait