Senin, 07 Agustus 2017

Mengapa Sebelum Makan Harus Cuci Tangan ?

Mengapa Sebelum Makan Harus Cuci Tangan ?

Semua anggota keluarga, termasuk anak-anak, harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesudah buang air besar, sebelum menyentuh makanan dan sebelum memberi makan anak.

Kedua tangan harus dibersihkan dengan sabun, diusahakan dengan air bersih yang mengalir. Hal ini akan membunuh bibit penyakit dan menghilangkan kotoran yang akan masuk ke makanan atau mulut. Mencuci tangan dengan sabun juga dapat mencegah infeksi cacing maka sabun harus tersedia di dekat jamban.

Sangatlah penting untuk mencuci tangan dengan sabun setelah buang air besar, setelah membersihkan pantat bayi atau anak yang habis buang air besar, setelah memegang binatang atau makanan mentah.

Tangan harus selalu dicuci dengan air dan sabun sebelum menyiapkan makanan, menyajikan makanan atau sebelum makan, sebelum memberi makan anak dan ibu sebelum menyusui. Anak harus dilatih mencuci tangan dengan sabun sesudah buang air besar dan sebelum makan untuk menghindari penyakit.

Anak-anak sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya, jadi penting untuk sering membasuh tangan anak, terutama sesudah mereka bermain di tempat yang kotor atau bersama binatang.

Anak-anak mudah terinfeksi oleh cacing yang dapat menyerap nutrisi dalam tubuh. Cacing dan telur-telurnya terdapat pada tinja dan kencing manusia dan binatang, pada permukaan air dan tanah, dan pada daging yang diolah kurang matang. Anak-anak sebaiknya dilarang bermain di dekat jamban atau tempat pembuangan tinja. Memakai alas kaki jika berada di dekat jamban sehingga dapat mencegah jenis cacing yang biasanya masuk ke dalam tubuh menembus kulit kaki.

Anak-anak yang tinggal di lingkungan yang banyak cacing perlu diberi obat cacing satu atau maksimal dua kali setiap tahun.

Mencuci tangan dengan sabun setelah menangani unggas atau produk unggas, memegang telur dan daging mentah, membersihkan kandang unggas, dapat mencegah tersebarnya kuman, virus Flu Burung (H5N1) dan penyakit influenza lainnya. Flu Burung adalah penyakit menular di kalangan hewan (unggas) yang dapat menular kepada manusia melalui air liur, kotoran, dan lendir unggas yang sakit.
Loading...

Artikel Terkait