Rabu, 04 Oktober 2017

Mengenal Organ dan Alat Reproduksi Pada Manusia

Mengenal Organ dan Alat Reproduksi Pada Manusia

Alat reproduksi, sesuai namanya adalah bagian-bagian penting dalam tubuh laki-laki dan
perempuan yang fungsinya adalah reproduksi, yaitu melanjutkan keturunan atau berkembang
biak.

Organ reproduksi laki-laki

  • Kantung zakar atau scrotum, adalah kantung lembut yang menahan dua buah testis berbentuk bola kecil.
  • Buah zakar atau testis, adalah dua bola kecil sebesar kelereng yang berada dalam kantung zakar. Fungsinya menghasilkan sperma yaitu sel berbentuk kecebong yang memiliki kepala, badan, dan ekor. 
  • Saluran sperma atau vas deferens, adalah sebuah saluran bagi sperma, untuk dilalui sperma dari testis menuju prostat.
  • Prostat dan beberapa kelenjar lain (kelenjar seminalis) berfungsi menghasilkan cairan mani yaitu cairan lengket yang bercampur dengan sperma ketika keluar dari penis pada saat ejakulasi. Cairan mani juga berfungsi sebagi makanan bagi sperma.
  • Saluran kemih atau urethra, adalah saluran untuk dilalui sperma dan air kencing. Sperma dan air kencing tidak akan keluar bersama-sama.
  • Batang kemaluan atau penis berfungsi sebagai alat kemih untuk mengeluarkan air kemih/kencing. Penis juga merupakan alat reproduksi untuk mengeluarkan sperma pada saat sanggama. Ukuran penis tidak berhubungan dengan subur (dapat memperoleh keturunan) atau tidaknya seseorang.
  • Kepala penis atau glans, adalah bagian paling depan dari penis yang sangat banyak mengandung pembuluh darah, dan serabut syaraf, sehingga sangat peka pada rangsangan. Ujung penis ini tertutup kulit yang biasanya dibuang (dikhitan atau disunat). Sunat sangat dianjurkan karena memudahkan pembersihan penis, sehingga mengurangi kemungkinan terkena infeksi atau penyakit lain.


Organ reproduksi perempuan

  • Indung telur atau ovarium, yaitu organ sebesar kepalan tangan yang terletak di sebelah kiri dan kanan rahim. Indung telur berfungsi menghasilkan sel-sel telur dan hormon (estrogen dan progesteron).
  • Saluran telur atau tuba falopi, yaitu saluran di kiri dan kanan rahim yang merupakan penghubung ovarium (indung telur) dengan rahim. Ujung saluran telur atau tuba falopi ini berbentuk jari-jari yang mendekap Ovarium dan menangkap sel telur yang dikeluarkan indung telur. Saluran telur ini berfungsi sebagai tempat berjalannya sel telur setelah keluar dari Indung Telur (Ovarium) menuju rahim, dan sebagai tempat pertemuan sel telur dengan sperma.
  • Rahim atau uterus, adalah sebuah rongga sebesar telur ayam yang terlindungi oleh beberapa lapisan otot dan selaput lendir. Fungsinya sebagai tempat berkembangnya janin. Dinding rahim yang menebal dan berisi pembuluh darah akan keluar sebagai haid/menstruasi bersama sel telur yang menempel di dindingnya, bila tidak terjadi kehamilan.
  • Leher rahim atau cervix, adalah bagian bawah rahim yang dapat membuka pada saat bayi keluar dari rahim.
  • Vagina, adalah organ reproduksi berbentuk liang, tempat keluarnya darah saat haid, tempat masuknya penis saat sanggama, dan sebagai jalan keluar bayi saat kelahiran.
  • Mulut vagina yaitu bagian luar dari vagina yang merupakan rongga penghubung antara rahim dengan bagian luar tubuh. Lubang vagina ini ditutupi oleh selaput dara (hymen), yaitu jaringan yang berbentuk cincin. Selaput dara ini dapat robek karena sanggama atau karena sebab lain (jatuh, kecelakaan dll.).
  • Klentit atau clitoris, adalah benjolan daging kecil di sekitar mulut vagina yang berisi banyak pembuluh darah dan syaraf sehingga merupakan bagian yang sangat peka.

Itu adalah bagian-nagian organ perempuan dan laki-laki yang harus diketahui. Penting untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi.
Loading...

Artikel Terkait