Selasa, 21 Februari 2017

Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Sehat

Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Sehat

Memilih makanan yang sehat untuk jantung bisa terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan kematian akibat penyakit jantung. Hindari makanan siap saji dan instan karena bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyumbatan saluran darah yang bisa berujung serangan jantung. Selain tinggi kalori, makanan siap saji biasanya mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan hipertensi.
Baca juga: Pemicu Serangan Jantung Disekitar Kita

Penelitian menunjukkan bahwa, tidak merokok, olah raga teratur, dan mengkonsumsi makanan sehat, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sampai 82 persen. Selain itu, penelitian lainnya menunjukkan bahwa menerapkan pola hidup sehat pada usia 70-90 tahun menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sampai 66 persen.

Untuk membuat jantung sehat, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung fitonutrien. Berikut ini makanan yang banyak mengandung fitonutrien.

Apel

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua apel sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Apel mengandung fitonutrien sangat efektif mengurangi kolestrol jahat dan mengatur gula darah. Apel juga mengandung quercetin yang baik untuk mencegah peradangan pada asma, dan juga mengandung pektin yang dapat membantu menurunkan gula darah dan tekanan darah.

Kacang

Kacang banyak mengandung fitonutrien yang baik untuk  kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga banyak mengandung air dan serat yang dapat membuat cepat kenyang, mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

Biji-bijian 

Mengkonsumsi gandum, jagung, beras merah, atau jagung bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya. Biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B, dan mineral.

Anggur

Buah anggur bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. Anggur mengandung serat dan quercetin yang bisa melindungi penyumbatan pembuluh darah. Anggur bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk dikonsumsi sehari-hari

Buah beri

Ragam buah beri seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry kaya akan serat dan antioxidan yang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Rasa manis buah beri tidak memicu penyakit diabetes. Penelitian manfaat buah beri untuk kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.

Kubis

Selain kaya akan fitonutrien yang dapat menyehatkan jantung, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin K, Vitamin A, kalsium, potasium, dan zat besi. Oleh karenanya, Anda bisa menambahkan kubis ke dalam menu salad dan makanan lainnya.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, batasi asupan garam tidak lebih dari 5-6 gram per hari, berolahraga secara teratur dan tidak merokok. 

Artikel Terkait