Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh seseorang baik secara jasmani maupun rohani. Semakin sering kita melakukan olahraga, maka akan semakin sehat pula tubuh kita. Selain itu juga dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Tapi karena kesibukan dan rasa malas membuat olahraga lebih sering terabaikan dan bahkan terlupakan. Berikut jenis-jenis olahraga dan manfaatnya :

Kardiovaskular 

Olahraga kardiovaskular merupakan salah satu bentuk olahraga yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pernapasan dan denyut jantung. Pada intinya olahraga ini memakas jantung bekerja keras dan lebih kuat. Selain itu juga berfungsi untuk memperbaiki cara kerja jantung dalam memompa darah di dalam tubuh. Berikut adalah jenis olahraga kardiovaskular atau olahraga yang membuat jantung sehat.

Jalan cepat

Jenis olahraga ini merupakan cara alami yang dapat membuat jantung lebih sehat. Selain itu jalan cepat juga sangat baik untuk membantu proses menurunkan berat badan karena jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot pada area dekat sendi. 

Senam

Selain melakukan jalan cepat Anda juga bisa melakukan berbagai latihan atau gerakan senam. Segala macam gerakan senam memiliki dampak positif bagi kesehatan, kebugaran, hingga kecantikan. Senam merupakan salah satu olahraga untuk kesehatan jantung dan menjaga stamina dalam tubuh. 

Berenang

Olahraga air ini memang sangat dikenal sekali dengan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Shapping

Jenis olahraga selanjutnya adalah olahraga pembentukan atau yang sering disebut dengan shapping ini merupakan olahraga untuk membakar timbunan lemak dari dalam tubuh yang dapat engurangi resiko obesitas. 

Adapun jenis olahraga shapping adalah sebagai berikut. 
Latihan beban, latihan ini berfungsi untuk meningkatkan massa otot. 
Push up, olahraga dengan gerakan menahan tubuh atau badan dengan hanya menggunakan tangan yang berfungsi untuk memperkuat lengan dan stamina agar tetap kuat. 
Sit Up, olahraga ini berfungsi sebagai cara membentuk otot perut yang sering menjadi solusi bagi mereka yang memiliki perut buncit. 

Strethcing 

Strethcing gerakan yang dilakukan ketika sebelum melakukan olahraga yang berat. 
Berikut ini adalah gerakan strething dan manfaatnya: 
Peregangan, jenis gerakan dalam olahraga strethcing ini memiliki manfaat untuk membuat otot menjadi tetap elastisitas atau fleksibel ketika pada saat melakukan olahraga yang berat. Selain itu peregangan juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya cidera. 

Manfaat terakhir gerakan strethcing adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dimana dapat meningkatkan kekuatan sampai dengan 20 persen. Itulah beberapa jenis olahraga dan manfaatnya yang harus Anda katahui semoga dapat menjadi motivasi untuk terus berolahraga.