Minggu, 09 April 2017

Berapa Kali Sehari Bayi Diberikan Makanan Tambahan ?

Tags

Berapa Kali Sehari Bayi Diberikan Makanan Tambahan ?

Selain ASI, bayi usia 6 – 8 bulan perlu diberi makanan tambahan berupa makanan lumat sebanyak dua sampai tiga kali sehari, dan mulai usia sembilan bulan sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Mereka perlu diberi satu atau dua kali makanan selingan, seperti buah, roti atau kue, tergantung kepada selera anak.

Gizi yang baik bagi anak usia di bawah dua tahun sangat penting. Gizi yang tidak cukup pada anak usia ini dapat memperlambat perkembangan fisik dan mental anak sepanjang hidupnya.

Agar dapat tumbuh dan tetap sehat, anak memerlukan beragam makanan bergizi seperti daging, ikan, kacang-kacangan, telur, buah-buahan dan sayuran di samping ASI.

Perut seorang anak lebih kecil dibanding dengan perut orang dewasa, sehingga seorang anak tidak dapat makan dalam jumlah yang banyak setiap kali makannya. Namun demikian kebutuhan tenaga dan pertumbuhan anak sangat besar. Karena itu seorang anak perlu sering makan, untuk memenuhi semua kebutuhannya

Makanan seperti sayuran yang direbus, daging cincang, telur, atau ikan harus diberikan kepada anak sesering mungkin. Sedikit minyak harus diberikan kepada anak, terutama minyak yang diperkaya dengan vitamin.

Sebaiknya anak diberi makan dalam piring atau mangkuk anak itu sendiri, agar orang tua atau pengasuh akan lebih mudah tahu, makanan apa dan seberapa banyak anak telah makan.

Anak mungkin perlu dibujuk untuk makan, dan mereka mungkin memerlukan bantuan untuk mengatur makanan dan peralatannya. Anak yang lambat perkembangannya atau cacat perlu bantuan khusus untuk makan dan minum.

Berikut di bawah ini beberapa informasi tentang seberapa sering seorang anak harus diberi makan

6-9 bulan

Anak harus sering mendapatkan ASI, dan mendapatkan makanan lain dua sampai tiga kali sehari. Orang tua harus mengenalkan makanan lembut (seperti bubur), dan bertahap ditingkatkan kekentalan makanannya. Makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, dan ikan, dapat diberikan seawal mungkin tetapi harus dilembutkan dalam potongan kecil-kecil. Mulai dengan 2-3 sendok penuh setiap kali makan, kemudian meningkat menjadi 1/2 mangkuk ukuran 250 cc. 

9-24 bulan

Anak usia 9 – 12 bulan perlu mendapatkan makanan lembik 1/2 mangkuk ukuran 250 cc setiap kali makan (tiga kali makanan lembik ditambah dua kali makanan selingan ditambah ASI). Anak usia 12- 24 bulan memerlukan 1 mangkuk penuh ukuran 250 cc makanan keluarga setiap kali makan (tiga kali makanan keluarga ditambah dua kali makanan selingan ditambah ASI). Anak usia dua tahun ke atas memerlukan paling sedikit 1 mangkuk penuh setiap kali makan. Jika anak dapat menghabiskan makanannya dan masih ingin tambah, maka sebaiknya diberikan. 

Mulai usia 12 bulan

Hampir semua anak sudah dapat menkgonsumsi “makanan keluarga” yang padat. Mereka masih boleh diberikan makanan setengah padat, yang lebih mudah dicerna oleh anak. Sejak anak berusia enam bulan makanan tambahan berupa camilan bergizi (seperti buah, atau kue) dapat diberikan sekali atau dua kali dalam sehari, sesuai selera anak.sekali atau dua kali dalam sehari, sesuai selera anak

Jika kualitas atau jumlah makanan setiap kali makan ternyata rendah, atau anak sudah tidak lagi diberi ASI, maka berikanlah 1-2 cangkir susu ditambah makanan tambahan setiap harinya.

Artikel Terkait