Sabtu, 08 April 2017

Berat Badan Anak Harus Tumbuh dan Bertambah Dengan Pesat

Tags

Berat Badan Anak Harus Tumbuh dan Bertambah Dengan Pesat

Seorang anak seharusnya tumbuh dan bertambah berat badannya dengan pesat. Sejak lahir sampai dengan usia dua tahun, anak seharusnya ditimbang secara teratur untuk mengetahui pertumbuhannya. Jika dari hasil penimbangan teratur diketahui bahwa anak tidak bertambah berat badannya, atau kedua orang tua mereka atau pengasuhnya melihat bahwa anaknya tidak tumbuh, maka mereka harus curiga bahwa ada yang salah. Anak perlu diperiksa oleh petugas kesehatan terlatih.

Bertambah berat badan merupakan tanda yang menunjukkan bahwa seorang anak sehat dan tumbuh serta berkembang dengan baik. Sejak lahir sampai dengan usia lima tahun, anak seharusnya ditimbang setiap bulan. Ketika anak mengunjungi Puskesmas ia perlu ditimbang. Cara ini dapat membantu untuk mengetahui lebih awal tentang gangguan pertumbuhan, sehingga segera dapat diambil tindakan tepat secepat mungkin.

Hasil penimbangan, dapat mengetahui apakah seorang anak terlalu cepat bertambah berat badannya dibandingkan dengan usianya. Untuk itu memerlukan pemeriksaan berat badan anak lebih lanjut terkait dengan tinggi badannya, yang dapat menentukan apakah seorang anak mempunyai berat badan berlebih.

Jika seorang anak badannya kurang berat atau lebih berat, penting untuk memeriksa menu makanan anak, dan memberikan nasihat kepada orang tua atau pengasuhnya tentang pentingnya asupan gizi yang cukup. Banyak kejadian di mana terdapat anggota keluarga yang kurang gizi sementara anggota keluarga yang lain kelebihan gizi.

Anak yang diberi ASI selama enam bulan pertama, akan tumbuh baik. ASI membantu melindungi bayi dari penyakit infeksi dan menjaga pertumbuhan tubuh serta perkembangan mental yang optimal. Anak yang diberi ASI, cenderung lebih cerdas dibanding anak yang diberi susu lain.

Setiap anak harus memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS) agar dapat dipantau pertumbuhannya. Dengan KMS terlihat apakah anak tumbuh dengan baik sesuai usianya. Tiap kali penimbangan, berat badan anak harus diberi tanda dengan titik pada KMS dan kemudian setiap titik harus dihubungkan. Hubungan antara titik-titik tersebut akan membentuk sebuah garis yang menunjukkan seperti apa garis pertumbuhan anak.

Jika garis naik, maka pertumbuhan anak baik. Garis yang datar atau turun merupakan tanda bahwa anak harus mendapat perhatian lebih. Anak tidak hanya perlu berat badan yang sesuai dibandingkan dengan umur, tetapi juga tinggi badan yang sesuai dibandingkan dengan umur.

Tinggi badan seorang anak dapat juga ditelusuri dalam grafik. Gizi, perawatan dan kebersihan yang baik terutama dalam usia dua tahun pertama, penting agar anak memiliki tinggi badan yang sesuai dengan perkembangan usianya (mencegah anak pendek). Jika ibu tidak mendapatkan gizi yang cukup pada waktu hamil, ia mungkin akan melahirkan anak yang sangat kecil. Hal ini akan menjadikan anak tersebut kelak berisiko menjadi pendek. BBLR memerlukan perhatian khusus untuk perawatan dan makanan agar anak dapat tumbuh dengan baik.

Seorang anak yang tidak bertambah berat badannya dalam usia satu atau dua bulan, mungkin memerlukan porsi lebih banyak atau lebih sering makan. Anak mungkin sakit, atau memerlukan lebih banyak perhatian dan perawatan serta bantuan untuk makan. Orang tua dan petugas kesehatan terlatih perlu segera mencari penyebab masalah dan melakukan pemeriksaan.

Artikel Terkait