Sabtu, 08 April 2017

Jenis Makanan Bergizi Yang Dapat Dimakan Oleh Bayi Usia Lebih 6 Bulan

Tags

Jenis Makanan Bergizi Yang Dapat Dimakan Oleh Bayi Usia Lebih 6 Bulan

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan bergizi yang dapat dimakan oleh anak (usia lebih enam bulan):
  1. Makanan pokok, termasuk biji-bijian (padi, gandum, jagung), umbi (singkong, kentang, ubi rambat) buah-buahan (pisang, sukun).
  2. Makanan berprotein tinggi seperti daging sapi, dagi kambing, daging kerbau, daging unggas, ikan, hati dan telur (boleh diberikan sesering mungkin).
  3. Produk olahan seperti keju dan yogurt. Semua ini merupakan makanan yang baik untuk anak usia 7–12 bulan. Dan pilihan ini lebih bagus daripada susu segar yang memang lebih sulit untuk dicerna anak.
  4. Sayuran daun berwarna hijau dan jingga, seperti bayam, brokocoli, wortel, lobak, labu dan ubi (memiliki kandungan vitamin).
  5. Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang tolo, kacang polong, kacang kedelai, kacang merah dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe (guna memperkaya jenis ma kanan dan menyediakan protein, enerji, dan zat besi).
  6. Minyak, terutama minyak nabati, minyak kacang kedelai, minyak kelapa sawit berwarna merah, mentega atau margarin.
  7. Biji-bijian, termasuk kacang tanah, berbagai jenis kacang lainnya, labu, bunga matahari, biji melon atau biji wijen (untuk tenaga dan mengandung beberapa jenis vitamin).

Memang sulit untuk memenuhi semua kebutuhan gizi anak bila hanya diberikan sayuran saja. Hal ini terutama disebabkan karena makanan yang bersumber dari hewan menyediakan zat gizi utama seperti zat besi.

Anak yang mengonsumsi sayuran saja memerlukan gizi tambahan dalam bentuk berbagai tablet vitamin atau berbagai makanan suplemen yang kaya gizi.

Zat besi yang berasal dari makanan seperti sayuran secara umum sulit untuk dicerna dengan baik oleh tubuh. Namun demikian makanan seperti kacang-kacangan mengandung zat besi yang lebih banyak. Zat besi akan lebih mudah dicerna jika dimakan bersama makanan yang kaya dengan vitamin C, seperti jeruk, dan berbagai buah limau serta jus.

Artikel Terkait