Rabu, 05 April 2017

Menyusui Dapat Melindungi Bayi dan Anak Terhadap Penyakit Berbahaya

Menyusui Dapat Melindungi Bayi dan Anak Terhadap Penyakit Berbahaya

Menyusui dapat melindungi bayi dan anak terhadap penyakit berbahaya. Menyusui dapat juga menumbuhkan ikatan kasih sayang (bonding) antara ibu dan anak.

ASI merupakan imunisasi pertama, dan sekaligus dapat memberikan perlindungan terhadap diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan serta beberapa masalah kesehatan lainnya. Perlindungan menjadi hal yang sangat berguna ketika ibu hanya memberikan ASI saja selama enam bulan pertama, mulai usia enam bulan bayi harus diberikan makanan tambahan (MP-ASI) dan menyusui masih tetap dilanjutkan bersama dengan makanan lain sampai anak berusia 2 tahun dan lebih.

Tidak ada susu, makanan atau pelengkap lainnya yang dapat memberikan perlindungan sebaik ASI.

Pemberian ASI membantu ibu dan bayi membentuk hubungan kasih sayang yang sangat erat, sebuah proses yang disebut ikatan batin. Hubungan yang erat membantu bayi merasa aman dan dicintai, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Manfaat memberikan ASI bagi ibu
  1. Terbukti secara ilmiah dapat mengurangi risiko kanker payudara dan kanker indung telur (ovarium) pada ibu. 
  2. Cara kontrasepsi alamiah, karena dengan memberikan ASI akan merangsang keluarnya hormon prolaktin untuk meproduksi ASI sekaligus menunda kesuburan sehingga kehamilan tertunda. 
  3. Mengurangi perdarahan setelah melahirkan dan mencegah terjadinya anemia. 
  4. Mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil. 
  5. Lebih ekonomis, praktis, higienis dan hemat waktu. 

Ayah dan anggota keluarga yang lain dapat membantu ibu, dengan menganjurkan ibu beristirahat sambil menyusui bayi. Mereka juga dapat membantu ibu dengan menyediakan makanan bergizi, menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya atau merawat anak lainnya yang lebih besar.

Artikel Terkait