Anak Batuk Pilek, Harus Dijaga Agar Tetap Hangat dan Lebih Sering Diberi Makanan Bergizi.

Anak Batuk Pilek, Harus Dijaga Agar Tetap Hangat dan Lebih Sering Diberi Makanan Bergizi.

Anak yang batuk pilek suhu badanya mudah turun. Oleh karena itu, perlu dijaga agar tetap hangat. Anak-anak yang batuk, pilek, ingusan atau sakit tenggorokan yang nafasnya normal dapat dirawat di rumah dan mungkin sembuh tanpa obat. Mereka harus dijaga agar tetap hangat tetapi tidak berlebihan dan diberi makan dan minum yang banyak. Obat-obatan hanya diberikan atas petunjuk dokter atau petugas kesehatan.

Anak yang demam tinggi sebaiknya dikompres dengan air hangat kuku. Di daerah sebaran malaria, demam dapat merupakan hal yang berbahaya. Oleh karena itu, anak tersebut harus segera diperiksa oleh petugas kesehatan.

Hidung anak yang pilek atau batuk harus sering dibersihkan, terutama sebelum anak makan atau tidur. Udara yang lembab memudahkan pernafasan dan akan sangat membantu bila anak tersebut menghirup hawa dari semangkuk air hangat.

Anak yang masih menyusu dan terkena batuk atau pilek harus tetap diberi ASI. Pemberian ASI membantu memerangi penyakit dan penting bagi pertumbuhan anak. Bila anak tidak dapat menyusu, maka ASI diperas ke dalam mangkuk yang bersih untuk disuapkan kepada anak.

Anak-anak yang tidak diberi ASI harus sering diberi makan atau minum sedikit demi sedikit. Jika sudah sembuh, anak tersebut harus tetap diberi makanan tambahan bergizi setiap hari sekurang-kurangnya dalam seminggu. Anak belum dianggap pulih sebelum berat badannya kembali sama seperti sebelum sakit.

Batuk dan pilek mudah menular. Orang yang sedang menderita batuk atau pilek harus menjauhkan diri dari anak-anak. Setiap kali batuk, biasakan menutup mulut dan hidung dengan dengan lengan bagian atas, dengan siku atau tisu. Tidak meludah sembarangan dan biasakan mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah penularan.