ASI Eksklusif Dapat Mengurangi Risiko Terkena Diare.

ASI Eksklusif Dapat Mengurangi Risiko Terkena Diare.

ASI eksklusif pada enam bulan pertama yang dilanjutkan dengan pemberian ASI sesudah enam bulan dapat mengurangi risiko terkena diare. Vitamin A dan obat zinc dapat mengurangi risiko diare.

ASI merupakan cairan dan makanan terbaik untuk bayi yang terserang diare. Selain mengandung gizi yang tinggi dan bersih juga membantu mengurangi penyakit dan infeksi. Seorang anak yang hanya diberi ASI pada enam bulan pertama kehidupannya lebih kecil kemungkinan terserang diare.

ASI mencegah dehidrasi dan malnutrisi (kurang gizi) serta membantu menggantikan cairan yang hilang. Ibu-ibu sering mendapat nasihat untuk memberi ASI sedikit saja jika anak terkena diare. Nasehat itu salah, ibu-ibu harus memberi ASI lebih sering dari biasanya jika anak terserang diare. Ayah harus memberi dorongan kepada ibu yang sedang memberi ASI dengan merawat anak yang sakit dan anak yang sehat serta seluruh keluarga serta membantu pekerjaan rumah tangga.

Suplemen vitamin A khususnya bagi daerah-daerah yang kekurangan vitamin A penting sebagai tolak ukur penurunan risiko diare. Makanan yang mengandung vitamin A termasuk ASI, hati, ikan, produk susu, jeruk, buah-buahan berwarna kuning, sayuran terutama daun-daunan berwarna hijau.

Pemberian zinc untuk pengobatan diare selama 10-14 hari mempercepat sembuhnya diare di samping menjaga anak dari serangan diare berikutnya dalam waktu dua bulan. Anak-anak diatas umur enam bulan dapat diberi 20 miligram zinc per hari dalam bentuk tablet atau sirup. Untuk anak di bawah enam bulan, cukup diberikan 10 miligram per hari dalam bentuk tablet atau sirup.

Petugas kesehatan terlatih harus menunjukkan kepada ibu, ayah atau pengasuh yang lain bagaimana memberikan tablet zinc kepada anak dengan cara melarutkannya dalam ASI yang diperas, Oralit, atau air dalam cangkir kecil atau sendok. Untuk anak yang susah menelan berikanlah sirup zinc.