Kamis, 13 Juli 2017

Penyakit Menular Cepat Jika Orang Berkumpul Bersama-sama

Penyakit Menular Cepat Jika Orang Berkumpul Bersama-sama

Kedaruratan yang mendorong orang untuk secara beramai-ramai meninggalkan rumahnya sering menjadi penyebab menularnya berbagai penyakit. Karena itu anak yang berusia di bawah 15 tahun, harus segera mendapatkan imunisasi terutama campak. Campak akan lebih berbahaya bagi anak yang kurang gizi atau tinggal di daerah yang lingkungannya tidak sehat.

Penyakit dapat menular dengan cepat jika orang berkumpul bersama-sama. Semua anak yang tinggal di lingkungan padat, terutama di daerah pengungsian, atau kondisi bencana alam harus segera mendapatkan imunisasi terutama campak dan Tetanus Toxoid (TT).

Berbagai penyakit seperti campak menyebar dengan cepat. Seorang anak yang menderita campak perlu dijauhkan dari anak lainnya, dan kemudian segera diperiksakan ke petugas kesehatan terlatih serta mendapatkan vitamin A dosis tinggi.

Ketika terjadi wabah campak di satu daerah, anak harus diimunisasi. Kemudian daerah yang berdekatan harus segera disiagakan dan anaknya harus diimunisasi. Apabila jadwal imunisasi seorang anak terganggu, maka harus segera berkonsultasi kepada petugas kesehatan terlatih untuk melengkapi imunisasinya.

Jika buku catatan imunisasi seorang anak hilang, dan kedua orang tuanya tidak ingat imunisasi apa saja yang telah diterima anaknya, maka untuk amannya perlu diulang lagi.

Artikel Terkait