Kamis, 14 September 2017

Pentingnya Anak Muda Mengetahui Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Pentingnya Anak Muda Mengetahui Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Jika diantara kaum muda populasi umum 15-24 tahun yang dibimbing mungkin ada yang diperkirakan sudah berperilaku yang berisiko, diharapkan Pembimbing atau Penyuluh akan bersikap bijaksana, meluangkan waktu khusus untuk membimbing mereka, agar mereka memeriksakan diri, serta mendapat pertolongan pengobatan yang dibutuhkan sedini mungkin, tanpa mengakibatkan timbulnya perilaku diskriminatif dari teman dan lingkungan sekitarnya

Meski gaya hidup sebagian besar kaum selebriti Indonesia yang diberitakan setiap hari, atau bahkan lingkungan sekitar, tidak mendukung penguatan iman dan moral yang Anda upayakan, Jangan menyerah..! Yang akan anda selamatkan adalah kaum muda penerus bangsa Indonesia, mereka sangat berharga dan terlalu berharga untuk dibiarkan terombangambing dalam membangun jati diri mereka..! Mari dukung mereka membangun jati dirinya sebagai kaum muda Indonesia yang berpikiran maju, berpendirian teguh, tahu apa yang baik dan benar bagi dirinya, keluarganya, dan bangsanya.

Sistem Reproduksi adalah rangkaian kerja dari alat-alat reproduksi pria dan wanita berdasarkan fungsinya. Alat-alat Reproduksi manusia adalah alat atau organ yang ada pada tubuh manusia yang berfungsi untuk proses reproduksi atau “berkembang biak” melanjutkan keturunan. Reproduksi Sehat adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku sehat seseorang yang berkaitan dengan alat reproduksi dan fungsi-fungsinya serta gangguan-gangguan yang mungkin timbul.

Mengapa kaum muda sejak remaja perlu mengetahui tentang Kesehatan Reproduksi?

  1. Karena masa remaja adalah masa peralihan/perpindahan dari kanak-kanak.
  2. Karena pada awal masa remaja terjadi proses pematangan fisik baik yang langsung dapat dilihat mata (perubahan fisik yang terlihat mata), maupun yang tidak terlihat (di dalam tubuh, perubahan hormon tubuh), seluruhnya disebut proses perkembangan biologis pada remaja.
  3. Karena perubahan biologis yang terjadi pada masa remaja berjalan dengan cepat dan drastis, yang mempengaruhi fisik, kejiwaan, dan emosi, mengakibatkan masa remaja menjadi masa yang penuh gejolak.
  4. Karena masa remaja selain merupakan masa peralihan dari kanak-kanak, masa remaja juga merupakan masa persiapan menuju ke dewasa.
  5. Karena dengan memiliki pengetahuan yang benar tentang kesehatan reproduksi, maka remaja mengetahui bagaimana cara untuk bersikap dan berperilaku sehat selama masa proses pematangan fisik yang terjadi pada dirinya, khususnya proses pematangan organ-organ reproduksi yang dialami selama masa remajanya.
  6. Dengan memiliki pengetahuan tentang Reproduksi Sehat tentunya akan membuat remaja dapat bertumbuh menjadi seorang dewasa yang sehat yang akan memiliki keturunan yang sehat, dan kehidupan yang berkualitas.

Apa yang perlu diketahui tentang Kesehatan Reproduksi?

  1. Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja
    • Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik 
    • Perubahan Mental dan Emosional
  2. Alat-alat (organ) Reproduksi
    • Alat reproduksi perempuan
    • Alat reproduksi laki-laki 
  3. Proses Biologis Yang Terjadi Pada Remaja 
  4. Bagaimana Memelihara Kesehatan Reproduksi

Artikel Terkait