Cara Membersihkan Alat Kelamin Wanita dan Pria Yang Benar

Cara Membersihkan Alat Kelamin Wanita dan Pria Yang Benar

Menjaga kebersihan organ reproduksi pada remaja berbeda dengan pada masa anak-anak, karena pada organ reproduksi remaja selain anus dan saluran kencing bermuaranya di sekitar alat kelamin, pada remaja juga terdapat:
  • Rambut di sekitar alat reproduksi/kelamin
  • Peningkatan kelenjar di sekitar alat kelamin
  • Peningkatan produksi keringat di sekitar alat kelamin
Hal tersebut di atas membuat alat kelamin dan daerah sekitarnya selalu kotor dan lembab sehingga mudah berkembang biak kuman dan jamur. Oleh karenanya harus dijaga agar selalu bersih dan kering (tidak lembab dan basah). Diantaranya dengan menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun karena bahan katun lebih mudah menyerap air. Gantilah pakaian dalam bila terasa lembab.

Cara menjaga kebersihan organ reproduksi perempuan

  1. Bersihkan alat kelamin dan sekitarnya paling sedikit setiap setelah buang air besar, buang air kecil, dan pada saat mandi.
  2. Sebelum membersihkan alat kelamin, bersihkan lebih dahulu anus dan sekitarnya dengan sabun, kemudian bilas bersih dengan air. Lakukan membersihkan anus dengan gerakan ke arah belakang, agar kotoran dari anus tidak terbawa ke depan ke arah alat kelamin.
  3. Kemudian, cuci tangan dengan sabun sampai bersih, telapak dan punggung tangan, sela-sela jari dan kuku, lalu bilas bersih dengan air.
  4. Setelah itu barulah bersihkan alat kelamin dengan sabun. Bersihkan semua bagian alat kelamin sampai keseluruh lipatan/lekuk sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.
  5. Cara membersihkannya: Sabunlah semua bagian luar yang berambut, dan semua bagian, sampai ke lipatan/lekuk dari arah depan, baru siram/bilas dengan air bersih juga dari arah depan ke belakang. Kemudian keringkan dengan tissue atau handuk kering yang bersih, dengan cara menekan, jangan menggosok. Jangan mengeringkan dengan menggerakkan handuk atau tissue maju-mundur, karena gerakan tersebut akan menyebabkan handuk atau tissue yang sudah mengenai anus akan mengenai alat kelamin.
  6. Pada saat haid dinding bagian dalam rahim terlepas sehingga amat mudah terkena infeksi, oleh karenanya sangat perlu menjaga kebersihan dengan cara: a) Gunakan pembalut bersih dan ganti secara teratur 2-3 kali dalam sehari atau setiap setelah buang air kecil, atau bila pembalut telah penuh darah, atau saat mandi. b) Bila pembalut yang digunakan adalah pembalut sekali pakai, maka bersihkan atau bilas terlebih dahulu pembalut dengan menggunakan air, bungkus kemudian buanglah di tempat sampah. c) Bila pembalut digunakan berkali-kali (biasanya terbuat dari bahan handuk atau katun) segeralah cuci bersih begitu selesai digunakan dan jemur hingga benar-benar kering, kemudian setrika untuk mematikan kuman, dan siap untuk digunakan kembali

Cara membersihkan organ reproduksi laki-laki

  1. Bersihkan alat kelamin dan sekitarnya paling sedikit setiap setelah buang air besar, dan pada saat mandi.
  2. Bersihkan lebih dahulu anus dan sekitarnya dengan sabun, kemudian bilas bersih dengan air. Lakukan membersihkan anus dengan gerakan ke arah belakang, agar kotoran dari anus tidak terbawa ke depan ke arah alat kelamin. Setelah itu sabun tangan, telapak dan punggung tangan, sela-sela jari dan kuku, lalu bilas dengan air bersih.
  3. Sekarang bersihkanlah organ kelamin. Pertama-tama sabunlah daerah sekitar pangkal penis yang berambut, buah zakar, batang penis, sabun bersih seluruhnya, kemudian bilas bersih dengan air.
  4. Kemudian tariklah kulit batang penis ke arah atas sampai terlihat bagian yang berlekuk pada kepala penis (glans). Hal ini perlu dilakukan karena pada bagian yang berlekuk mengendap produk kelenjar yang disebut smegma.
  5. Semua bagian harus disabun dan dibersihkan sampai tidak ada kotoran (smegma) yang tertinggal.
  6. Kotoran (smegma) yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi pada laki-laki. Menurut penelitian para ahli, smegma yang masuk ke alat kelamin perempuan saat berhubungan seksual dapat mengakibatkan kanker rahim. Karena itu khitan pada laki-laki merupakan tindakan yang perlu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan alat kelamin.

Khitan adalah memotong kulit penutup alat kelamin laki-laki agar kelamin mudah dibersihkan. Pada yang telah mengalami mimpi basah, disarankan agar selalu membersihkan alat kelaminnya terutama setelah mengalami mimpi basah.