Proses Terjadinya Haid Yang Pertama Kali atau Menstruasi

Proses Terjadinya Haid Yang Pertama Kali atau Menstruasi

Haid atau menstruasi atau datang bulan, adalah luruhnya lapisan dinding bagian dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah, sehingga haid pada remaja putri ditandai dengan keluarnya darah dari lubang vagina. Bila sel telur yang dalam perjalanannya menuju rahim, tidak bertemu dengan sperma, maka tidak terjadi pembuahan, dan sel telur bersama-sama dengan dinding rahim bagian dalam akan luruh/gugur dan keluar melalui vagina. Kejadian ini disebut haid atau menstruasi atau datang bulan.

Peristiwa haid yang pertama kali disebut menarche, yang terjadi ada usia 11-13 tahun, bahkan pada beberapa anak terjadi lebih cepat. Sedangkan berhentinya haid disebut menopause yang terjadi pada usia 49-50 tahun.

Haid merupakan tanda bahwa alat reproduksi perempuan telah matang. Setelah mendapat haid, remaja putri telah dapat hamil bila melakukan hubungan seksual (hubungan seksual adalah masuknya penis ke dalam vagina). Matangnya alat reproduksi bukanlah berarti bahwa remaja telah siap dalam melakukan hubungan seksual, karena hubungan seksual yang terbaik, aman, sehat, dan halal adalah hubungan seksual yang dilakukan dalam ikatan pernikahan yang sah.

Dalam konteks sosial (norma hidup bermasyarakat), seseorang dikatakan tidak lagi perawan atau perjaka bila ia telah melakukan hubungan seksual.

Haid normalnya terjadi selama 3-7 hari, jumlah darah yang keluar antara 25-60 cc per hari dan siklus haid adalah antara 21-35 hari sekali. Pada saat akan haid biasanya terjadi keluhan tertentu, antara lain:
  • Pada haid pertama, biasanya timbul rasa nyeri di bawah perut, panggul dan pinggang. Keluhan ini biasanya hilang dengan sendirinya pada saat haid telah berjalan dengan teratur
  • Satu atau dua hari menjelang atau sesudah haid, atau pada waktu haid, muncul keluhan sebagai berikut: gugup, mudah tersinggung, dan lekas marah
  • Timbulnya jerawat

Gangguan haid yang biasa timbul

  • Nyeri haid (dismenorhoe), biasanya akan hilang bila haid telah teratur, atau setelah menikah dan melahirkan. Bila nyeri ini terus terjadi, segeralah periksakan diri ke dokter.
  • Haid amat banyak sehingga memerlukan pembalut lebih dari selusin dalam sehari.
  • Haid lebih dari sepuluh hari lamanya
  • Muncul bercak atau flek darah diantara dua siklus haid
  • Haid menjadi tidak teratur

Gangguan haid di atas dapat muncul bila remaja terlalu letih, sedang sakit atau sedang dalam keadaan cemas. Bila kondisi sudah normal, biasanya gangguan haid juga hilang. Namun jika gangguan haid ini masih tetap berlangsung, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter.