Gizi Seimbang Pada Balita Usia 2-5 Tahun Yang Harus Anda Ketahui

Pesan Gizi Seimbang untuk Anak Usia 2 – 5 Tahun

Biasakan makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) bersama keluarga


Untuk mencukupi keperluan zat gizi selama satu hari disarankan supaya anak makan dengan teratur 3 kali sehari diawali dengan sarapan atau makan pagi, makan siang serta makan malam. Untuk menghindari atau mengurangi anak-anak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat serta tidak bergizi disarankan supaya senantiasa makan dengan keluarga.

Sarapan sehari-hari perlu khususnya untuk anak-anak oleh karna mereka tengah tumbuh serta mengalami perkembangan otak yang sangat terkait pada konsumsi makanan dengan teratur.

Perbanyak mengonsumsi makanan kaya protein seperti ikan, telur, tempe, susu dan tahu


Untuk perkembangan anak, diperlukan pangan sumber protein serta sumber lemak kaya Omega 3, DHA, EPA yang banyak terkandung dalam ikan. Anak-anak disarankan banyak konsumsi ikan serta telur karna ke-2 jenis pangan tersebut memiliki kwalitas protein yang bagus.

Tempe serta tahu adalah sumber protein nabati yang mutunya cukup baik untuk perkembangan serta perkembangan anak. Bila memberi susu pada anak, orangtua tidaklah perlu memberikan gula ketika menyiapkannya.

Pemberian susu dengan kandungan gula yang tinggi juga akan membuat selera anak terpaku pada kandungan kemanisan yang tinggi. Pola makan yang punya kebiasaan dengan rasa manis juga akan membahayakan kesehatannya di waktu mendatang.

Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan


Sayuran serta buah-buahan merupakan pangan sumber vitamin, mineral serta serat. Vitamin serta mineral adalah senyawa bioaktif yang termasuk jadi anti-oksidan, yang memiliki peranan diantaranya untuk menghindar rusaknya sel. Serat berperan untuk membuat lancar pencernaan serta bisa mencegah serta menghalangi perubahan sel kanker usus besar.

Batasi mengonsumsi makanan selingan yang terlalu manis, asin dan berlemak


Pangan manis, asin dan berlemak banyak berhubungan dengan penyakit kronis tidak menular seperti diabetes mellitus,tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Minumlah air putih sesuai kebutuhan


Sangat dianjurkan agar anak-anak tidak membiasakan minum minuman manis atau bersoda,karenajenis minuman tersebut kandungan gulanya tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan cairan sehari hari dianjurkan agar anak anak minum air sebanyak 1200-1500 mL air/hari.

Biasakan bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik setiap hari


Dengan makin berkembangnya tehnologi serta keringanan akses permainan tanpa ada kegiatan fisik yang banyak di tawarkan permainan dengan tehnologi mutakhir (electronic game), menyebabkan kekhawatirantersendiri untuk beberapa orangtua juga akan perubahan mental dan psikomotorik anak.

Permainan tradisionil serta bermain bersama rekan perlu untuk anak-anak karna bisa melatih kekuatan sosial serta mentalanak. Permainan tradisionil serta bermain dengan serta beraktivitas fisik berbentuk permainan bisa mengusir rasa jemu pada anak serta merangsang perubahan kreativitasnya. Hal semacam ini juga akan mensupport tumbuh kembang serta kecerdasan anak.