Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Yang Benar

Bagaimana cara menggunakan obat tetes telinga ?

Walaupun sepertinya mudah menggunakan obat tetes telinga, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar obat masuk ke dalam target organ yang dituju. Menggunakan obat tetes teling bukan hanya langsung diteteskan saja ke lubang telinga, tetapi harus menggunakan tehnik atau cara tertentu agar obat yang dipakai dapat berkerja dengan optimal.

Cara penggunaan obat tetes telinga yang salah akan membuat dosis dan keampuhan obat berkurang, tentu saja hal ini akan mengganggu proses penyembuhan. Untuk menggunakan obat tetes telinga dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara menggunakan obat tetes telinga


Cara menggunakan obat tetes telinga

  1. Hangatkan tetes telinga dengan cara digenggam dalam telapak tangan atau ketiak untuk beberapa menit. Jangan menggunakan aliran air panas dari kran, karena suhunya menjadi tidak terkontrol.
  2. Kepala dimiringkan ke samping atau berbaring dengan posisi telinga ke atas.
  3. Tarik daun telinga sedemikian rupa sehingga lubang telinga terbuka lebar.
  4. Teteskan sesuai dosis yang ditentukan.
  5. Tunggu lima menit sebelum meneteskan obat pada telinga lainnya.
  6. HANYA jika direkomendasikan untuk menutup telinga, gunakan kapas untuk menutup saluran lubang telinga setelah meneteskan obat.
  7. Obat tetes telinga seharusnya tidak menyebabkan rasa terbakar atau menyengat lebih dari beberapa menit.

Apabila Anda masih belum jelas atau tidak mengerti cara menggunakan obat telinga dengan benar, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Semoga bermanfaat.