Rabu, 04 April 2018

Pengertian Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Keras

Tags

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa secara garis besar obat digolongkan menjadi tiga yaitu obat bebas, obat bebas terbatas dan obat keras. Cara membeli atau mendapatkan ketiga golongan obat tersebut tidak sama, sudah ada ketentuan bagaimana cara mendapatkannya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut ini.

1. Obat bebas


Pengertian Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Keras

Adalah obat yang dijual bebas di pasaran dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Tanda khusus untuk obat bebas adalah berupa lingkaran berwarna hijau dengan garis tepi berwarna hitam.

Apabila Anda membeli obat sakit kepala di warung, seperti Paramex atau Bodrex, berarti Anda telah membeli obat bebas.

Untuk mengetahui golongan obat bebas sangat mudah, yaitu dengan melihat Lingkaran Hijau pada kemasan obat, Lingkaran Hijau tersebut merupakan tanda khusus obat bebas.

2. Obat bebas terbatas 


Pengertian Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Keras

Adalah obat yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa dengan resep dokter, tapi disertai dengan tanda peringatan. Tanda khusus untuk obat ini adalah lingkaran berwarna biru dengan garis tepi hitam.


Khusus untuk obat bebas terbatas, selain terdapat tanda khusus lingkaran biru, diberi pula tanda peringatan untuk aturan pakai obat, karena hanya dengan takaran dan kemasan tertentu, obat ini aman dipergunakan untuk pengobatan sendiri. Tanda peringatan berupa empat persegi panjang dengan huruf putih pada dasar hitam yang terdiri dari 6 macam.

Sangat penting untuk melihat tanda peringatan tersebut, tentu saja hal ini dimaksudkan untuk mencegah peminum obat dari efek samping dan bahaya obat.

3. Obat Keras


Pengertian Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, dan Obat Keras

Adalah obat yang hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Ciri-cirinya adalah bertanda lingkaran bulat merah dengan garis tepi berwarna hitam, dengan huruf K ditengah yang menyentuh garis tepi. Obat ini hanya boleh dijual di apotik dan harus dengan resep dokter pada saat membelinya.

Mendapatkan obat dengan cara yang benar adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan obat yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penyakit. Sebagai contoh, saat ini banyak orang menggunakan Antibiotik sendiri dan menggunakannya dengan kemauan sendiri, tidak mengikuti aturan yang berlaku.

Salah satu Antibiotik yang dibeli sendiri tanpa resep adalah Amoksilin, banyak masyarakat tidak tepat dalam menggunakan antibiotik ini. Hanya menderita Flu biasa, sudah minum antibiotik. Padahal penyakit flu dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan menggunakan antibiotik. Jadi penggunaan antibiotik tersebut tidak tepat dan akan berakibat buruk untuk kesehatannya.

Artikel Terkait